Thursday, May 31, 2007

Menikah juga akhirnya..

Shari and Andy wrote:

Assalamu alaikum,

Atau shalom aleichem, menurut orang-orang timur tengah dalam bahasa yang lebih tua, bahasa ibrani. Atau cukup kita terjemahkan saja dengan salam sejahtera bagimu dalam bahasa Indonesia.

Perkenankan kami, Marianne Suksmasari dan Fajar Handika Purbandhani, mengumumkan bahwa kami telah menikah pada tanggal 19 Agustus 2006 di Indonesia.

Kami telah mengenal satu sama lain dari tahun 1996 di sebuah Sekolah Menengah Negeri di Yogyakarta, walau kedekatan kami baru dimulai sejak tahun kemarin setelah pertemuan kami kembali pada bulan September tahun lalu. Berbagai macam hal membuat kami dekat, salah satunya adalah kesamaan pandangan universal kami terhadap bangsa dan agama.

Perjalanan menuju pernikahan kami cukup berbelit dan merupakan emotional challenge bagi kami, bukan karena perbedaan agama kami, tapi karena beberapa orang di birokrasi lokal seakan menyulitkan niat kami untuk menikah dengan perbedaan cara kami untuk berkomunikasi dengan Tuhan. Sempat kami dipaksa untuk 'mengalah salah satu' atau dengan kata lain menyuruh salah satu diantara kami untuk berpindah agama demi melegalkan secara hukum niatan kami untuk menikah. Pilihan menikah di negara lain pun kami tolak, karena kami lahir di Indonesia, tinggal di Indonesia, dan kami cinta negara kami ini.

Kami sadar, bahwa perjalanan sejarah agama kami sangat panjang, getir, serta sangat berliku. Diwarnai oleh berbagai perang, dan penuh syak wasangka, serta stigma-stigma negatif yang masih sangat kental menyertai. Bahkan terkadang pada kalangan tertentu, interpretasi yang berbeda pada kitab suci milik satu diantara disebut telah melarang pernikahan kami ini. Kami maklum, sejarah kami memang pahit, dan telah membuahkan berbagai macam pandangan yang kadang sudah sangat mengakar dalam.

Bagi kami, agama adalah suatu hal yang sangat personal, dan merupakan relasi vertikal kami terhadap Tuhan kami yang satu, yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, Tuhan semua umat manusia. Dan agama merupakan hak dimana negara ataupun individu yang tergabung didalamnya tidak mempunyai hak untuk menyuruh kami berganti agama ketika kami akan menikah.

Banyak pihak yang kemudian mengetahui masalah kami dan kemudian membantu kami dengan tulus ikhlas, sehingga berbagai masalah birokrasi akhirnya berhasil diselesaikan secara legal tanpa kami harus berpindah agama, tanpa harus mencantumkan agama yang bukan agama kami di KTP kami.

Kami sungguh bersyukur. Alhamdulillah. Atau Halelu Yah dalam bahasa ibrani. Atau cukup kita terjemahkan saja dengan terimakasih Tuhan dalam bahasa Indonesia.

Rangkaian prosesi pernikahan kami dilakukan pukul 7.20, yang dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, dilanjutkan ijab qobul yang dipimpin oleh penghulu. Berikutnya adalah pencatatan sipil, bukan KUA (agak lucu juga di negeri kita ini, KUA yang kepanjangan dari Kantor Urusan Agama hanya melayani masyarakat dari satu agama saja), dan dilanjutkan oleh pemberkatan nikah yang dipimpin oleh pendeta. Akad nikah ditutup oleh doa bersama lintas iman dan selesai pada pukul 10:00.

Akhir kata, kami ingin mengucapkan kepada semua pihak yang telah membantu kami menyelenggarakan pernikahan kami ini, para panitia, keluarga kami baik dekat maupun jauh yang telah hadir, Bapak ustadz dan Bapak pendeta, petugas pencatatan sipil, teman-teman kami, para birokrat yang berpandangan universal di negeri kita tercinta ini. Karena ini adalah artikel publik, dan mungkin ada beberapa kalangan yang tidak setuju, maka sepertinya tidak perlu kami sebut satu persatu walau dalam hati kami ingin sekali.

Wassalam. Shalom. Salam Sejahtera.

Andy & Sari.



******************************************



Assalamu alaikum,

Or shalom aleichem according to mid eastern in older language, hebrew. Or we can just say peace be upon you in english.

Allow us, Marianne Suksmasari and Fajar Handika Purbandhani, to announce that we have got married on August 19th, 2006 in Indonesia.

We have known each other since 1996 in a High School in Yogyakarta, though our serious relationship just began since last year after we met each other again on September. Many things made us close, one of them is our universal perspective upon nation and religion.

The journey to our wedding was quite difficult and became an emotional challenge for us, not because our religion difference, but because some local bureaucrats seemed made us difficult to continue our plan on getting married because our different way to communicate with God. They even said that one of us has to 'accommodate' by converting to make us have the same religion. We also rejected an option to get married in other country, because we were born in Indonesia, live in Indonesia, and we love this country.

We are aware, that the history of our religions is very long, and full of pain. Colored by wars, suspicions, and negative stigmas upon the journey. Sometimes, in certain community, different interpretation in the Holy Scriptures which belong to one of us said that our marriage is forbidden. We do understand, that our history is bitter, and has grown different views and perception and sometimes against each other between them.

Religion for us is a very personal matter, a vertical relation between us and our one God, our Most Merciful and Most Gracious, God for all mankind. Religion is a human right, where government or individual has no right to tell us to convert to other religion in order to get married.

Many parties then found out our problems and helps were coming from everywhere, and bureaucratic problem was finally solved legally without making us convert, without noting religion which is not ours in our Citizen ID (KTP).

We are so grateful. Alhamdulillah. Or Halelu Yah in hebrew. Or we can just say thanks God in english.

Our wedding ceremony held at 7:20 am, started with Holy Quran verses reading, continued with ijab qobul led by a penghulu. Next is civil registration, not a registration by Department of Religion (funny, in Indonesia, Department of Religion -- KUA is only serving people from only one religion), then marriage blessing led by a reverend. The ceremony was closed with an interfaith pray, and finished at 10:00 am.

In the end of this article, we wish to thank to every parties involved in our wedding and made the ceremony held successfully, all the committees, our close and far relatives, Ustadz and Priest, civil registration officer, our friends, and bureaucrats who have universal views in our beloved country. Because this is a public article, and there might be certain people disagree with our marriage, we seems cannot mention their names one by one, even though deep down inside our heart we want to.

Wassalam. Shalom. Peace be upon you.

Andy & Sari.

2 comments:

Unknown said...

Bisa minta kontak personnya mbak??? Saya mau tanya"cara nikah beda agamanya. Dan gimana cara meyakinkan kedua orang tua kita. Saya pacaran 8 tahun dengan pacar yg ingin saya jadikan istri. Saya kristen calon saya itu islam. Saya tunggu sekali tanggapannya mbak. Dan butuh sekali bantuannya. Terima kasih

Unknown said...

Bisa minta kontak personnya mbak??? Saya mau tanya"cara nikah beda agamanya. Dan gimana cara meyakinkan kedua orang tua kita. Saya pacaran 8 tahun dengan pacar yg ingin saya jadikan istri. Saya kristen calon saya itu islam. Saya tunggu sekali tanggapannya mbak. Dan butuh sekali bantuannya. Terima kasih